31 Mei 2011

0

Hentikan Kelapa Sawit Bolsel

  • 31 Mei 2011
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • (Arsip release, 3 Februari 2011)
    PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), memintak pihak investor program penanaman kelapa sawit untuk menghentikan aktifitasnya, karena tak cocok di Bolsel dan juga tidak mendapat  rekomendasi dari DPRD Bolsel. Hal itu disampaikan Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu SIP, melalui Kabag Humas Pemkab Bolsel, Ahmadi Modeong SPd, Rabu (2/2/2011).

    Ditegaskan Ahmadi, pengkajian kelapa sawit ini telah berulangkali disampaikan Bupati, termasuk lokasi pembibitan di Panango Desa Tabilaa Kecamatan Bolaang Uki yang diminta ditinjau lagi, namun saat ini Pemkab Bolsel sudah pada kesimpulan meminta penghentian aktifitas. Pasalnya papar Ahmadi, lahan milik Pemda Bolsel ini akan segera dimanfaatkan utk kompleks perkantoran.

    “Lahan Pemda di Panango itu akan dijadikan pusat perkantoran, bukan hanya perkantoran Pemda tapi termasuk juga penyediaan lahan untuk bangunan Mapolres, Makodim, Kejari, Pengadilan Negeri (PN) dan kantor DPRD Bolsel. Jadi bukan untuk tempat pembibitan kelapa sawit,” tegas Ahmadi lagi.

    Diketahui, investor perkebunan Kelapa Sawit ini berjumlah tiga perusahaan, yakni PT Kahayan Bentengsawi dipimpin Tommy Delsy selaku Direktur, PT Anugerah Timpah Indah dipimpin Kiffen Liesbianto dan Cipto selaku Direktur PT Biji Sesawi Perkasa yang merambah wilayah Bolsel medio Juli 2010. Luas perkebunan kelapa sawit yang digagas tiga perusahaan ini sekitar 42 ribu hektar, meliputi 5 kecamatan yakni Kecamatan Posigadan, Kecamatan Bolaang Uki, Kecamatam Pinolosian, Kecamatan Pinolosian Tengah dan Kecamatan Pinolosian Timur.

    Bahkan tiga investor ini telah mengimingi rakyat Bolsel dengan dua pabrik pengolah kelapa sawit yang akan di bangun di Bolsel, juga penanaman system plasma yang akan melibatkan warga Bolsel. Terkait rencana investor ini,mantan Bupati Bolsel Drs AR Mokoginta, sejumlah Camat dan Sangadi Diboyong ke Kalimantan tengah (Kalteng) untuk Study Banding (Stuban) perkebunan Kelapa Sawit dan Karet, pertengahan Juli tahun lalu.(hendra.dj@bolsel.com)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Hentikan Kelapa Sawit Bolsel”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com