31 Mei 2011

0

Pemkab Berdayakan Bumdes dan Pengusaha Lokal

  • 31 Mei 2011
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • (Arsip release, 26 Januari 2011)

    KKP Dievaluasi, Investor Harus Bersinerji

    PEMERNTAH Kabupaten (Pemkab) Bolsel dibawah pimpinan Hi Herson Mayulu SIP dan Drs Samir Badu MPd, mewujudkan keseriusan untuk mensejahterahkan warga Bolsel dalam pengelolaan kekayaan alamnya. Buktinya, Pemkab kini mulai memberdayakan perusahaan lokal dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang dibentuk di semua desa, termasuk juga memberi kesempatan investor berinvestasi dengan syarat bersinerjis dengan Bumdes.

    Dijelaskan Kabag Humas Pemkab Bolsel, Ahmadi Modeong SPd, sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), pemerintah akanmengevaluasi keberadaan perusahaan perkebunan Cengkih, yakni PT Kawanua Kahuripan Pantera (KKP) di Kecamatan Pinolosian Induk. Evaluasi terhadap KKP ini, terutama akan dilihat Rencana Kerja Tahunan (RKT)  lima tahun terakhir, apakah dilaksanakan dengan benar atau tidak.

    Tak hanya itu lanjut Ahmadi, persoalan ijin pengolahan hasil hutan dan tambang, semua akan ditinjau kembali dan akan dilihat lagi seberapa besar pengaruhnya terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat, termasuk dampaknya terhadap kerusakan lingkungan. Terkait ini papar Ahmadi, Pemda akan membentuk tim evaluasi yang juga akan melibatkan berbagai perwakilan dari elemen masyarakat.

    Kebijakan yang akan diambil Pemkab dalam hal pengolahn kayu dan hasil hutan lainnya, akan makin selektif dan kepada pengusaha kayu lokal diberikan kesempatan untuk mengolah hasil hutan baik kayu dan rotan. “Dalam arti mereka diberi kesempatan untuk membuka timbunan kayu dan bekerja sama dengan Bumdes, jika ada investor atau pengusaha dari luar Bolsel yang membutuhkan kayu dan rotan disilahkan untuk membuka usaha di bolsel tapi wajib bekerjasama dengan Bumdes,” terang Ahmadi.

    Keberadaan Investor ini lanjutnya, selain membuka lapangan kerja juga mengantispasi kebutuhan kayu yang  diperlukan untuk pembangunan sarana pemerintah maupun kebutuhan masyarakat Bolsel. Demikian juga usaha tambang kata Ahmadi, andai ada investor maka silahkan bermitra dengan Bumdes, mulai pengurusan ijin oleh Bumdes demikian juga dalam hal pencarian mitra kerja, sehingga Ijin tak langsung diberikan pada investor tapi pada Bundes.(hendra.dj@ bolsel.com)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Pemkab Berdayakan Bumdes dan Pengusaha Lokal”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com