31 Mei 2011

0

Tuntaskan DPA-SKPD dan Anggaran Kas SKPD

  • 31 Mei 2011
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • (Arsip release, 24 Januari 2011)

    Berlian: Bupati Akan serahkan Langsung ke BPK-RI

    DINAS Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang digawangi oleh Berlian Potabuga SH MSi, mulai mewujudkan Visi Bupati pilihan rakyat pertama Bolsel Hi Herson Mayulu SIP, melalui pelaksanaan berbagai program dan kegiatan yang direncanakan untuk dilaksanakan pada tahun anggaran 2011.

    Program yang akan dilaksanakan DPPKAD antara lain Pelayanan Administrasi Perkantoran, Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur, Peningkatan dan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan, Peningkatan dan Pengembangan Pengelolaan Keuangan Daerah serta Pembinaan dan Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa. Melalui pelaksanaan berbagai program tersebut Kepala Dinas PPKAD berharap dapat membantu melaksanakan sebagian tugas  Bupati yang diamanahkan kepadanya.

    Mengawali pelaksanaan berbagai program dan kegiatan tahun anggaran 2011 ini, maka akan disampaikan DPA-SKPD dan Anggaran Kas SKPD kepada kepala SKPD, Inspektorat (sebagai satuan kerja pengawasan daerah) dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Manado. Penyerahan DPA-SKPD ini secara seremonial akan diserahkan langsung oleh Bupati.

    Dokumen ini menjadi dasar bagi Pengguna Anggaran dalam melaksanakan berbagai program dan kegiatan, direncanakan untuk dilaksanakan pada tahun anggaran 2011 ini. Pejabat Pengelola Keuangan Daerah selaku Bendahara Umum Daerah dalam hal ini Kepala Dinas PPKAD  Bolsel bersamaan dengan penyerahan DPA-SKPD dan Anggaran Kas SKPD, menyusun Anggaran Kas Pemerintah Daerah guna mengatur dan menjamin ketersediaan dana yang cukup untuk mendanai seluruh pengeluaran sesuai dengan rencana penarikan yang tercantum dalam DPA-SKPD yang telah disahkan.

    Dalam kesempatan ini Kepala DPKAD Bolsel menyampaikan, demi makin tertibnya proses pengelolaan keuangan dan penatausahaan keuangan daerah, dalam waktu dekat ini Dinas PPKAD khususnya Bidang Anggaran dan Perbendaharaan akan melaksanakan kegiatan yaitu Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

    Kegiatan ini menurut Kepala DPKAD difokuskan pada penambahan operator computer, untuk menjalankan aplikasi System Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda), bendahara, PPTK dan perangkat desa. “Sebagaimana petunjuk Bupati dan DPRD, diharapkan pengelolaan keuangan daerah tidak lagi terpusat hanya di DPPKAD. Kegiatan yang akan dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut daripada kegiatan yang sama ditahun anggaran sebelumnya,” ujar Berlian.

    Salah satu output kegiatan ini, ke depan diharapkan proses pengelolaan keuangan daerah akan terdesentralisasi pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sehingga fungsi DPPKAD khususnya dalam proses penatausahaan keuangan daerah lebih dititikberatkan pada kegiatan merekapitulasi dan mereview kembali kebenaran daripada proses penatausahaan keuangan yang dilaksanakan setiap SKPD. (hendra.dj@bolsel.com)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Tuntaskan DPA-SKPD dan Anggaran Kas SKPD”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com