02 Juni 2011

0

Bupati: 4 Faktor Lestarikan Pancasila

  • 02 Juni 2011
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • Bupati bolsel, dprd bolsel, Molibagu, Bolsel, Bolaang Mongondow Selatan, Pinolosian, Humas Bolsel
    BUPATI Bolaang Mongondow Selatan Hi Herson Mayulu SIP, saat upacara memperingati Hari Lahir Pancasila, Rabu 1 Juni 2011 di Lapangan Gelora Molibagu
    BUPATI Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dalam memperingati hari lahir Pancasila, memberikan 4 faktor sebagai solusi untuk kembali melestarikan pancasila, Senin (1/6/2011). 4 faktor tersebut dirumuskan Bupati dengan mengambil referensi dari seorang sosiolog Talcott Parsons dalam buku social system.

    “Jika suatu masyarakat ingin tetap eksis dan lestari, ada empat paradigma fungsi (function paradigm) yang harus terus dilaksanakan masyarakat,” beber Bupati. Diulas Bupati, pertama, pattern maintenance, kemampuan memelihara sistem nilai budaya yang dianut karena budaya adalah endapan perilaku manusia. budaya masyarakat itu akan berubah karena terjadi transformasi nilai dari masyarakat terdahulu ke masyarakat kemudian, tetapi dengan tetap memelihara nilai-nilai yang dianggapnya luhur, karena tanpa hal itu akan terbentuk masyarakat baru yang lain.

    Kedua, kemampuan masyarakat beradaptasi dengan dunia yang berubah dengan cepat. sejarah membuktikan banyak peradaban telah hilang karena tak mampu beradaptasi dengan perubahan dunia. rakyat yang bisa menyesuaikan diri dengan perubahan serta memanfaatkan peluang akan lebih unggul.

    Ketiga, adanya fungsi integrasi dari unsur-unsur masyarakat yang beragam secara terus-menerus sehingga terbentuk kekuatan sentripetal yang kian menyatukan rakyat. Dan keempat, masyarakat perlu memiliki goal attainment atau tujuan bersama yang dari masa ke masa bertransformasi karena terus diperbaiki oleh dinamika masyarakatnya dan oleh para pemimpinnya.

    Jika negara kebangsaan indonesia terbentuk oleh kesamaan sejarah masa lalu, maka ke depan perlu dimantapkan oleh kesamaan cita-cita, pandangan, harapan, dan tujuan tentang masa depannya. Sebuah negara kata bupati, butuh weltanschauung atau landasan filosofis (falsafah). atas dasar landasan filosofis itu, disusunlah visi, misi, dan tujuan negara.

    Tanpa itu imbuh Bupati, negara tak berpedoman seperti layangan putus. Dalam perspektif negara bangsa, empat function paradigm parson yang harus terus dilaksanakan masyarakat indonesia agar dapat hidup dan berkembang, kerangka sistemik-nya termanifestasi (terkristalisasi) dalam pancasila yang merupakan  falsafah bangsa indonesia.(hendra.dj@bolsel.com)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Bupati: 4 Faktor Lestarikan Pancasila”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com