02 Juni 2011

0

Bupati Minta PKK Aktif Sejahterakan Rakyat

  • 02 Juni 2011
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • (Arsip Release 21 April 2011)

    KETUA dewan penyantun tim PKK yang juga Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu SIP, memiliki perhatian besar dalam memfasilitasi dan mendorong gerakan PKK, agar tumbuh berkembang melaksanakan tupoksi berdasar misi. Hal itu disampaikan Bupati saat pelantikan Pengurus Tim PKK periode2010-2015, Kamis (21/4/2011), di Aula Kantor Bupati Bolsel.

    “Pemerintah memiliki kepentingan bersama untuk memajukan PKK, karena bersama pemerintah PKK dapat menyukseskan program pembangunan demi kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” tegas Bupati di hadapan Ketua Tim PKK Bolsel Ny Muslimah Mongilong Mayulu. Disampaikan Bupati tak semua program kegiatan pemerintah dapat dilakukan oleh pemerintah sendiri, sehingga perlu Pemberdayaan masyarakat dan organisasi kemasyarakatan.

    Terlebih lanjut Bupati, jika dikaitkan dengan dinamika masyarakat saat ini. Kehadiran organisasi yang telah teruji seperti PKK yang telah mengakar dan terstruk hingga tingkat kabupaten, kecamatan bahkan desa, akan member dampak positif pada peningkatan kesejahteraan sosial. Usai pelantikan ini, Bupati meminta PKK segera melakukan orientasi dan aksi untuk menanggulangi kemiskinan, seperti program Posdaya.

    Tak hanya itu, Bupati juga mendorong kegiatan PKK lainnya seperti posyandu, taman pendidikan keagamaan dan usia dini, lembaga sarana konsultasi, bina keluarga balita, remaja serta lansia, karang taruna, kelompok tani dan nelayan, pemeriksaan kesehatan gratis,  peningkatan Usaha mikro Kecil dan menengah (UMKM), usaha pendapatan keluarga sejahtera (UPKS), penghijauan, kegiatan ekonomi produktif juga budidaya ikan, pembinaan dan pendampingan lintas sektor termasuk monitoring.

    Sementara itu, Ibu Bupati yang juga Ketua PKK Bolsel menyampaikan persoalan keterbelakangan, kemiskinan, kebodohan dan kurangnya SDM spesialisasi bidang organisasi kemasyarakatan, kesehatan, pendidikan, dan pengelolaan pemanfaatan lingkungan hidup, telah memotifasi lahirnya gerakan pembinaan kesejahteraan keluarga. PKK yang lahir 27 Desember 1972 hingga saat ini telah melebur diri berkiprah membangun potensi keluarga sebagai nilai kemanusiaan, semata-mata sebagai tanggungjawab moral.

    Agar dapat mewujudkan Bolsel Religius, berbudaya, maju dan sejahtera yang maju, bahagia, sehat dan sejahterah lanjut Ketua PKK, hendaknya tercermin suasana keluarga saling mengasihi, sebagai norma dasar keharmonisan dan kehidupan social yang memadai. PKK harus mengimplementasikan 10 program PKK, untuk itu perlu memahami dan mengambil peran yakni aspek pemberdayaan masyarakat, kebutuhan masyarakat, kesejahteraan keluarga dan demokratisasi, memadukan gerak langkah program yang diimplementasikan.

    Gerakan pembinaan kesejahteraan keluarga papar Ibu Bupati, perlu adanya kesadaran Pkk harus menjadi motivator, pkk harus memiliki keahlian, harus bekerja tim secara terencana, kebun percontoham pkk, pembentukan ibu-ibu produktif yang ada desa, bentuk ibu-ibu kelompok, nelayan. Pengurus PKK yang turut dilantik adalah Sekretaris Dra Suharti Damo dan Bendahara Risnawaty Mantang SE. (hendra.dj@bolsel.com)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Bupati Minta PKK Aktif Sejahterakan Rakyat”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com