07 Juni 2011

0

Bupati Sampaikan 6 Solusi Strategis Bangun Desa

  • 07 Juni 2011
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • Modisi, Pantai Modisi, Modisi Beach, Molibagu, Bolsel, Bolaang Mongondow Selatan
    MODISI BEACH: Salah satu sektor wisata andalan Bolsel.

    SELAIN menyampaikan 6 (enam) faktor strategis sebagai solusi untuk membangun Desa, Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu SIP, mengurai beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan pemerintahan desa belum optimal.

    “Ada 6 faktor strategis pembangunan desa ingin saya sampaikan, namun sebenarnya ada juga faktor penyebab pelaksanaan kebijakan pemerintahan desa belum optimal adalah komunikasi, kemampuan sumber daya, sikap aparatur desa, struktur birokrasi, lingkungan serta ukuran dan tujuan kebijakan,” beber Bupati.

    Sedangkan faktor penunjangnya lanjut Bupati adalah, adanya sosialisasi, adanya kelancaran informasi, adanya konsistensi kebijakan, kemampuan aparatur, dukungan sarana prasarana, dan persepsi pelaksana yang baik yaitu kesesuaian pelaksanaan dengan kebijakan.

    Sementara faktor penghambat kebijakan pemerintahan desa jelas Bupati, adalah rendahnya SDM, masyarakat belum tersosialisasi sehingga kurangnya dukungan masyarakat desa, aparat tak responsif dan tak inovatif, tidak adanya pembagian tugas, fungsi dan peran yang kurang tepat sasaran.

    Dari faktor penunjang dan penghambat tersebut di atas, kepada Sangadi Duminanga yang baru dilantik, Bupati menyampaikan beberapa hal strategi yang harus dilakukan, seagai berikut: pertama, susun program dan mekanisme perencanaan berbasis masyarakat dalam forum yang bersifat partisipatif dilingkungan desa, kedua, sosialisasikan semua program pemerintahan, pembangunan dan kemasyaratan baik desa dan kabupaten kepada masyarakat, ketiga, tingkatkan pengetahuan aparatur dan semua yang terkait dengan pelaksana kebijakan pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan desa melalui diklat, keempat, lakukan rekonsiliasi dan libatkan seluruh kelompok masyarakat desa dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyaraktan di desa, kelima, selalu bersikap terbuka dalam informasi, dan sampaikan dengan jelas kedudukan, tugas dan fungsi aparatur desa, keenam, buat perencanaan pembangunan desa yang terpadu dengan sistem perencanaan kabupaten.

    Bupati menyampaikan, setelah semua proses berjalan dan sesuai perencanaan pembangunan dan aspirasi masyarakat desa, Sangadi dimintakan segera membuat laporan dengan baik dan benar. (hendra.dj@bolsel.com)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Bupati Sampaikan 6 Solusi Strategis Bangun Desa”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com