02 Juni 2011

0

Hari Kartini ke-132 dan Apel Korpri

  • 02 Juni 2011
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • Bupati: Jadilah Kartini Bolsel Ujung Tombak Pembanguan (Arsip release, 21 April 2011)

    BUPATI Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu  SIP, Kamis (21/4/2011) memerintahkan kepada seluruh pimpinana  SKPD dan unit kerja untuk melibatkan  perempuan dalam pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di Bolsel. Hal ini disampaikan Bupati di hadapan pejabat Eselon II, Eselon III, Eselon IV dab staf, saat memperingati Hari Kartini yang dirangkaikan dengan Apel Korpri, di halaman Kantor Bupati Bolsel.

    “Saya minta seluruh skpd dalam pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan dapat memperhatikan mainstream gender dimana setiap program melibatkan perempuan sebagai pemeran uatamnya,” tegas Bupati. Tak hanya itu, Bupati menyatakan misi pemerintah daerah kabupaten bolsel, dalam menggerakan roda perekonomian yang berbasis rakyat miskin, dimana peran serta perempuan akan sangat menonjol  dan berpengaruh pada pengembangan kesejahteraan rakyat.

    Tindakan nyata untuk pemberdayaan kartini-kartini Bolsel ini papar Bupati, diiwujudkan dengan diadakan pelatihan untuk Ibu-ibu baik dari kecamatan hingga desa yang rencananya digelar di Kabupaten Tanggerang. Selanjutnya tutur Bupati, di setiap kecamatan dan desa akan dibentuk dan dikembangkan kelompok usaha ibu-ibu, kemudian pendampingnya berasal dari wanita dan anak putus sekolah namun menonjol dan memiliki keahlian di desa.

    Sedangkan penopang dananya papar Bupati, akan dibentuk lembaga keuangan tingkat kabupaten berupa Bank Rakyat Miskin yang dananya berasal dari APBD Bolsel. Tak hanya itu, masi seputar pemberdayaan perempuan, untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab bolsel, gajinya akan langsung di transfer ke rekening istri-istri PNS, dengan tujuan agar pengelolaan keuangan tersalur benar demi peningkatan kesejahteraan pegawai.

    Dengan pemberdayaan perempuan ini urai Bupati, maka semboyan Habis gelap terbitlah terang benar terwujud sebagaimana dicita-citakan Raden Ajeng Kartini, melalui surat-surat kepada temannya Multi Tuli di negeri Belanda. Sebagai Kabupaten Religius imbuh Bupati, perjuangan Kartini dalam konteks Agama, merupakan pembebasan dari alam kebodohan, alam kegelapan menuju kea lam teranm benderang. (hendra.dj@bolsel.com)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Hari Kartini ke-132 dan Apel Korpri”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com