14 Juni 2011

1

Kapasitas, Kompetensi, Loyal, Moral dan Pangkat Parameter Mutasi

  • 14 Juni 2011
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • Gunawan Lombu, pelantikan sekda definitif bolsel, Molibagu, Bolsel, Bolaang Mongondow Selatan, Pinolosian, Humas Bolsel
    Bupati Herson Mayulu lantik Sekda definitif Bolsel: Gunawan Lombu bersama sejumlah pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Bolsel, Senin 13 Juni 2011.
    BUPATI Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu SIP, saat pelantikan, pengambilan sumpah dan pengukuhan Sekda Drs Hi Gunawan M Lombu MM dan 102 jabatan struktural Eselon III dan IV, menyampaikan parameter utama yang digunakan menentukan jabatan bagi PNS, yaitu kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas dan pangkat, serta nilai pengabdian atau komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab.

    “Peran pejabat struktural pada semua jenjang harus mampu menguasai setidaknya setengah kemampuan leadership dan manajerial dan setengahnya lagi kemampuan teknis operasional, serta didukung dengan penguasaan sistem, tata cara, standar operasional dan prosedur kerja sesuai perundang-undangan,” kata Bupati. Untuk itu, Bupati berharap, Sekda dapat mengakselerasi proses aktifitas roda organisasi agar bisa berpartisipasi dan berperan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing.

    Dalam konteks ini lanjut Bupati, kepada PNS dituntut untuk selalu bekerja keras dan sebagai panglima bagi para PNS, Sekda harus memupuk rasa kebersamaan atau kolektifitas dan solidaritas dalam artian positif guna keberhasilan pelaksanaan tugas. Perlu dipahami kata Bupati, kontribusi PNS sangat berperan dan dibutuhkan bagi kemajuan organisasi Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, karena kebaikan yang tak terorganisir bisa dikalahkan oleh kejahatan yang terorganisir, sehingga pahami betul visi bolsel, jabarkan dengan baik misi bolsel sehingga kita bisa mencapai tujuan bersama yakni mewujudkan Bolsel yang religius, berbudaya maju dan sejahtera.

    Sesuai peraturan presiden nomor 81 tahun 2010 tentang grand design reformasi birokrasi 2010-2025 lanjut Bupati, menyebutkan bahwa dalam rangka reformasi birokrasi perlu untuk menata ulang proses birokrasi dari tingkat (level) tertinggi hingga terendah dan melakukan terobosan baru (innovation breaktrough) dengan langkah-langkah bertahap, konkret, realistis, sungguh-sungguh, berpikir diluar kebiasaan/rutinitas yang ada (out of the box thinking), perubahan paradigma (a new paradigm shift) dan dengan upaya luar biasa (business not as usual).

    Untuk melakukan hal-hal tersebut diatas papar Bupati, tidaklah mudah karena merubah kebiasaan, sikap maupun pola pikir adalah sesuatu yang sulit. seringkali ketika kita sedang berusaha melakukan terobosan baru ataupun perubahan drastis diluar kebiasaan, banyak yang akan menentang karena kebanyakan orang lebih menyukai kebiasaan dan kenyamanan yang telah dilakukan selama bertahun-tahun. sementara di era global seperti sekarang ini yang dibutuhkan adalah SDM yang inovatif, kreatif dan berpikir out of the box. yang berani mendobrak keadaan yang tidak sesuai, yang memiliki kompetensi, keahlian dan profesional di bidangnya.(hendra.dj@bolsel.com)
    Comments
    1 Comments

    1 Responses to “Kapasitas, Kompetensi, Loyal, Moral dan Pangkat Parameter Mutasi”

    nanda mengatakan...
    14 Juni 2011 03.32

    slamat bertugas pak..:)


    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com