14 Juni 2011

0

Mandi Kembang 7 Rupa dan Madu di Tengah Hujan

  • 14 Juni 2011
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • Gunawan Lombu, pelantikan sekda definitif bolsel, sekda bolsel mandi madu, Molibagu, Bolsel, Bolaang Mongondow Selatan, Pinolosian, Humas Bolsel
    Sekda Gunawan Lombu 'mandi kembang dan madu' saat acara pengukuhannya sebagai Sekda defnitif Kab. Bolaang Mongondow Selatan  
    Pengukuhan Sekda Bolaang Mongondow Selatan
    Catatan: Hendra Dj

    SEMUA tertawa dalam keharuan, seirama dengan alam. Kala mereka (Petani) bercocok tanam tersenyum dan yang hendak panen tercenung, berharap hujan bukanlah bencana tetapi berkah.

    Guyuran air hujan yang membasahi seantero Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), seakan mengamini didefinitifkannya Drs Hi Gunawan M Lombu MM, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Bolsel, Senin (13/6/2011) pagi kemarin. Dibalik pengukuhan Sekda Bolsel tak hanya cucuran hujan, tapi tawa ria itu bercampur haru biru, ketika pekik Merdeka dan rasa syukur sang Sekda yang basah kuyup itu, dilantunkan lewat lagu bertema “Bagimu Negeri” yang 'dimodifikasi' menjadi “Bagimu Bolsel Jiwa Raga Kami”.

    Ada tradisi unik dalam pelantikan Sekda yang digagas Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu SIP, dimana setiap pelantikan Sekda digelar ritual mandi kembang 7 rupa plus dilumuri Madu asli Bolsel di sekujur tubuh. Hujan deras pun tak mampu menghalau tradisi itu, dengan menggunakan kemeja putih polos berlengan panjang dengan celana hitam, Sekda didaulat duduk menghadap hadirin, dan dimulai dari staf Sekretariat daerah (Setda) Bolsel terendah yakni Cleaning Service yakni Om Hut Gobel, prosesi ritual dimulai.

    Tak pelak, Om Hud melumuri Kepala Sekda dengan air kembang 7 rupa mulai dari kepala kemudian dibasuh dengan rempah bunga 7 rupa, selanjutnya PNS Golongan II yang tak lain menantu Sekda bernama Komar Moha SPd melakukan hal sama, setelah sebelumnya sang menantu bersimpuh untuk minta diijinkan menyiram sang Sekda dengan air kembang.

    Karuan saja, aksi tak biasa itu membuat riuh tenda merah, selanjutnya tokoah agama yakni Hi M Isa, yang sebelum menyiramkan kembang sempat memanjatkan doa, agar Sekda bisa menjalankan amanah Bupati dengan baik dan benar. Kemudian secara berturut-turut, pejabat eselon II, membasuh kaki sambil memberikan ucapan kepada nakhoda PNS Bolsel tersebut, karuan saja rasa haru, lucu dan beragam rasa bercampur aduk serta berkecamuk dalam benak hadirin
    .
    Sebagai pamungkas Bupati Bolsel Hi herson Mayulu SIP dan Ketua DPRD Bolsel Abdul Rajak Bunsal SE, melumuri madu berukuran kemasan botol aqua kepada Sekda Bolsel ini, usai perwira penghubung Makodim 1302 dan perwira penghubung Polres Bolmong yang juga Kapolsek Urban Bolaang uki memandikan kembang. Tak bisa dihindari lagi, tepuk tangan, siulan dan tawa hadirin menggema bertalu-talu.

    Bupati pun mengurai secara singkat, dimana Pak Sekda ternyata teman sejati karena menjaga persahabatan itu, mulai dari PNS bersama, diboyong ke Bolsel oleh Bupati, prosesi Pilkada hingga bahkan mempersiapkan didefinitifkannya Bupati sebagai pilihan rakyat Bolsel pertama. Wajar saja, jika kemudian Sekda mengecap manisnya pengabdian di Bolsel dan persahabatan sejati itu, di bawah kepemimpinan Hi Herson Mayulu SIP dan Drs Samir Badu MPd (biasa disapa Madu), Sekda yang memecahkan rekor sebagai Pelaksana Tugas (PLt) Sekda terlama di Sulut, yakni sekitar 2,7 tahun akhirnya didefinitifkan lewat Surat Keputusan (SK) Gubernur). Bupati juga berterima kasih, karena selama memangku Pejabat Bupati Bolsel selama sebulan, Drs Hi Gunawan M Lombu MM ini, berhasil dan sukses mempersiapkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati definitif pertama Bolsel ini.

    Mengenai perjalanan karir Sekda menurut Bupati terbilang sangat unik, dimulai sebagai PNS golongan IA, karena lulus PNS dengan ijazah Sekolah Pertama Perawat Kesehatan, kemudian menjadi loker atau penjaga sekolah di Manado, perlahan namun pasti Sekda terus menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan berprestasi sebagai PNS hingga jabatan demi jabatan direngkuh dan pada Senin (13/06/2011) didefinitifkan sebagai Sekda.akhirnya kini menjadi sekda.

    Wajar jika kemudian perjaranan karir ini, oleh Sekda sendiri diistilahkan dari golongan IA hingga DB 1 P kendati sebagai pejabat. Hal ini kata Bupati, patut menjadi panutan para abdi negara di lingkup pemkab bolsel, hanya dengan sabar dan loyal pada pekerjaanlah serta taat aturan, maka karir  anda semua akan berhasil. karena tentunya, jika pak sekda tidak sabar dan loyal bukan pada pekerjaan tentu karirnya terhambat, demikian juga jika tak patuh aturan tentu bukan dilantik sebagai sekda tapi sebagai pesakitan di pengadilan sebagaimana banyak contoh yang kita lihat di media cetak maupun elektronik.

    Bupati kemudian mengutip Peraturan Presiden nomor 81 tahun 2010 tentang grand design reformasi birokrasi 2010-2025 menyebutkan bahwa dalam rangka reformasi birokrasi perlu untuk menata ulang proses birokrasi dari tingkat (level) tertinggi hingga terendah dan melakukan terobosan baru (innovation breaktrough) dengan langkah-langkah bertahap, konkret, realistis, sungguh-sungguh, berpikir diluar kebiasaan/rutinitas yang ada (out of the box thinking), perubahan paradigma (a new paradigm shift) dan dengan upaya luar biasa (business not as usual).
          
    Insya Allah dengan niat beribadah dan iklas ungkap Bupati, akan menjadikan tugas kita penuh berkah dan ridlo dari allah swt. karena pada hakekatnya itulah tujuan yang akan kita capai. Akhirnya Bupati mengucapkan selamat kepada Sekda Bolsel definitif dan yakin serta percaya Sekda akan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan oleh pemerintah Kabupaten Bolsel dengan sebaik-baiknya, sesuai kompetensi yang dimiliki selama ini. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan melindungi kita sekalian. selamat bekerja dan berkarya,” tutup Bupati.(***)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Mandi Kembang 7 Rupa dan Madu di Tengah Hujan”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com