18 November 2011

0

Pewarta Foto Jelajahi Eksotika Taman Laut Modisi

  • 18 November 2011
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • Putri Duyung dan Acropora pikat Fotografer Pro

    ekspedisi modisi, fotografer, taman laut putri bangsawan, Pewarta Foto (PF)-PPWI, Bolsel, Bolaang Mongondow Selatan, Pinolosian, posigadan, Humas Bolsel

    GERAKAN Peduli Lingkungan lewat Foto 2011, dalam ekspedisi bertajuk 12 Days Exploratory photo expedtion, 11-23 November 2011, dengan rute Sangihe, Minahasa dan Bolmong , Kamis (17/11) tiba di Pantai Modisi. Tak pelak, ekspedisi yang digagas Pewarta Foto (PF)-PPWI, langsung mengeksplorasi eksotika Taman Laut Putri Bangsawan di Pantai Modisi Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

    Ekspedisi ini menurut Roni Buol selaku kordinator tim, sengaja mencari tempat unik dan belum terjamah fotgrafer lainnya, dan selang dua hari berada di Bolmong khusunya di Bolsel ini, PF sangat terkesan dengan terumbu karang di Taman Laut Putri bangsawan ini. “Kami juga sengaja datang untuk melihat langsung Dugong (Putri Duyung) yang saat ini mulai langka, dan mungkin tinggal ada di Pantai Modisi ini,” kata Roni.

    Dijelaskan Roni, PF ekspedisi ini melibatkan 70 fotografer namun dibagi dalam tiga tim, dan khusus di Pantai Modisi ini menurunkan 14 fotografer dan ada beberapa nama yang dikenal master di bidangnya, di antaranya Toar Pantow dan Yudo Maramis spesialis fotografer underwater. Toar sendiri usai menyelam dan melakukan pemotretan menyatakan, taman laut sangat indah dan luar biasa karena masih alami dan belum terjamah manusia.

    “Di sini kami masi bisa melihat Acropora sebuah terumbu karang bersusun piring, terumbuh karang seperti ini sudah tak ada di tempat lain,” tegas Toar sembari membeber ada hama chots atau warga lokal menyebutnya sopa, yang bisa mengancam terumbu karang di Taman laut Putri Bangsawan Pantai Modisi. Selain itu, ada beberapa terumbu karang yang rusak akibat bom ikan, sehingga PF bersama PNPM Lingkungan, ikut memberikan masukan kepada warga agar menjaganya.

    Warga sendiri berterima kasih kepada pihak PF yang telah meluangkan waktu mengeksplorasi Taman laut ini, dan berharap bisa dipromosikan sehingga warga di sekitar Pantai Modisi ikut mendapat manfaat dari ekowisata ini. Warga juga meminta perhatian Pemerintah Kabupten (Pemkab) Bolsel, untuk terus meningkatkan Pantai Modisi, sementara pihak PNPM Lingkungan melalui Dharman Daeng Matara mengatakan, pihaknya 2009 bersama warga membangun pantai modisi, kemudian tahun berikutnya mendapat bantuan Pemkab untuk membangun pantai andalan Bolsel ini.(hendra.dj)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Pewarta Foto Jelajahi Eksotika Taman Laut Modisi”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com