02 Desember 2011

0

Deprov Gorontalo Pelajari Potensi Perikanan Bolsel

  • 02 Desember 2011
  • Adnan Perambahan
  • Bagikan
  •  Print Page
  • Torosik, Molibagu, teluk tomini, dprd gorontalo, Bolsel, Bolaang Mongondow Selatan, Pinolosian, Humas Bolsel
    Wilayah perairan Bolsel yang kaya ikan memikat daerah lain
    POTENSI perikanan dan kelautan yang melimpah di Kabupaten Bolsel begitu menggoda. Bagaimana tidak dengan panjang garis pantai 294 km, kabupaten pesisir ini memiliki keragaman hasil tangkapan ikan yang jarang ditemui di daerah lain. Belum lagi sejumlah potensi kelautan seperti rumput laut dan mangrove. Apalagi menurut Kadis Perikanan dan Kelautan Kadis (Kadisperik) Bolsel, Dr. Ir. Suria Darwisito, Kabupaten Bolsel letak geografisnya berada di pintu gerbang Teluk Tomini yang terkenal dengan hasil tangkapan ikan besar.

    Hal inilah yang memicu rasa penasaran Abdullah Karim, Abdurrahman Bahmid, dan Nurjannah Yusuf, tiga personil Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo saat berkunjung ke Kab. Bolsel, Rabu (30/11) lalu. “Kedatangan kami di Bolsel untuk mengetahui seberapa besar hasil tangkapan nelayan sekaligus pengelolaannya,” ujar Abdullah Karim selaku Ketua Komisi. “Nelayan di Provinsi Gorontalo yang letak perairannya berdampingan dengan Kab. Bolsel belakangan ini hasil tangkapannya menurun. Mungkin dengan silaturahmi ini kami bisa mengetahui kiat-kiat nelayan di sini,” timpal Bahmid. 

    Kunjungan kerja ini diterima oleh pihak Pemkab Bolsel dan dilanjutkan dengan pemaparan potensi perikanan dan kelautan oleh Kadisperik Bolsel, Ir Suria Darwisito. “Mayoritas penduduk Kab. Bolsel berprofesi nelayan, maka tak heran hasil tangkapan di daerah ini begitu melimpah,” paparnya. “Hanya saja karena masih memakai alat tradisional, belum semua potensi perikanan dan kelautan di sini tergarap dengan baik,” sambung mantan Dosen Politeknik Negeri Manado ini. 

    Ke depan harapnya, dengan berlimpah-ruahnya potensi perikanan, Kabupaten Bolsel bisa menjadi sentra perikanan untuk provinsi Sulawesi Utara. Untuk itu pihak swasta dapat berperan aktif menggarap sekaligus membantu meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat pesisir. “Pemerintah hanya memberikan rangsangan, sementara untuk pengembangan dan pengelolaan diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat dan swasta,” ujar Darwisitho.

    Kunjungan kerja Komisi yang membidangi masalah ekonomi dan kesra masyarakat Gorontalo ini kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan untuk melihat langsung keberadaan masyarakat nelayan di kabupaten ikan ini.(adnan)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Deprov Gorontalo Pelajari Potensi Perikanan Bolsel”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com