27 Januari 2012

1

Bone Bolango-Boltim Kepincut dengan Bolsel

  • 27 Januari 2012
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • Fokus soal RTRW dan Perda Inisiatif Dewan

    studi banding dprd, molibagu, bolaang uki, bone bolango, boltim, Bolsel, Bolaang Mongondow Selatan, Pinolosian, posigadan, Humas Bolsel
    Wakil Bupati Drs Hi Samir Badu MPd dan Wakil Ketua DPRD Bolsel Riston Mokoagow SSos saat menerima rombongan dari Bone Bolango dan Boltim.
    BOLAANG Mongondow Selatan (Bolsel) selaku daerah baru, terus menjadi tempat favorit sejumlah daerah untuk Study Banding (Stuban). Terbukti, dua daerah yakni Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo dan DPRD Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) kepincut dengan penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Peraturan Daerah (Perda) inisiatif Kabupaten Bolsel.

    Dua daerah ini tak lain mengutus, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bone Bolango dan DPRD Kabupaten Boltim, Rabu (25/1/2012) yang berkunjung di Kantor Bupati dan DPRD Bolsel, terkait Penyusunan RTRW, Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Perda inisiatif dewan.

    Rombongan Dewan Kabupaten Bone Bolango dan Badan Legislasi (Baleg) dan Komisi I Dewan Kabupaten Boltim ini, diterima langsung Wakil Bupati Bolsel Drs Hi Samir Badu MPd, Wakil Ketua DPRD Bolsel Riston Mokoagow SSos, sejumlah anggota dewan dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bolsel. Kedatangan dua rombongan dari daerah. yang berbeda ini ke Bolsel, memiliki tujuan yang berbeda, kendati kunjungannya hampir bersamaan.

    Dekab Bone Bolango bermaksud melakukan studi banding tentang RTRW Bolsel yang sebentar lagi akan ditetapkan sebagai peraturan daerahnya (Perda), setelah mendapat persetujuan dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU). Sementara Baleg dan Komisi I Boltim, bermaksud melakukan pertukaran informasi mengenai Perda Inisiatif penetapan Hari Ulang Tahun (HUT) daerah, dimana HUT Bolsel sudah melalui pembahasan dan sebentar lagi Perdanya ditetapkan.

    "Kami sangat berterima kasih atas kunjungan para anggota dewan dari daerah-daerah tetangga. Koordinasi memang sangat penting. Dan kebetulan, RTRW Bolsel yang disusun sudah mendapat persetujuan dan tinggal menunggu penetapan Perda," ujar Wakil Bupati didampingi Asisten dan staf ahli Setda Bolsel, Kabid Perencanaan Bapeda Bolsel Ferdinan Mayulu ST, sejumlah pimpinan SKPD beserta anggota dewan, saat menyambut kedatangan sejumlah Legislator Bone Bolango.

    Turut serta dalam rombongan DPRD Bone Bolango Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bone Bolango, selanjutnya dihadapan rombongan DPRD dan Pemkab Bone Bolango, Bappeda Bolsel mempresentasikan RTRW di aula kantor Bupati Bolsel.

    Di tempat terpisah, Rombongan Dekab Boltim langsung disambut di sekretariat Dekab Bolsel oleh Wakil Ketua Riston Mokogow bersama sejumlah legislator, sebut saja, Raksasa Mamonto, Abidin Patilima, Jamaludin Rajak dan Sekretaris Dewan (Sekwan) Abdul Malik Musa.

    "Tujuan kami ke sini, bermaksud melakukan sharing informasi terkait penetapan HUT daerah. Karena diketahui, Bolsel dan Boltim mekar menjadi Kabupaten di waktu yang bersamaan," ungkap Ketua Baleg Dekab Boltim Marsaoleh Mamonto. Dalam kesempatan itu, Raksasa Mamonto yang juga mantan Sekda Bolmut menjelaskan kepada rombongan dari Boltim bahwa, ada tiga opsi yang menjadi acuan pengkajian penentuan HUT Bolsel, diatanranya, diketuknya Undang-undang,  pelantikan pejabat dan penyambutan pejabat secara adat.

    Setelah melalui mekanisme papar Raksasa Mamonto, akhirnya kesepakatan jatuh pada tanggal 21 Juli, pertama kali diketuknya undang-undang pemekaran Bolsel dijadikan Hari lahirnya Bolsel, dimana kelanjutannya harus dilakukan penganggaran pembuatan Perda inisiatif dalam APBD. Dana tersebut dialokasikan untuk kontrak atau kerja sama dengan pihak Perguruan Tinggi sebagai pihak ketiga dan itu dibingkai dalam aturan.  

    Menurut Raksasa Mamonto, besaran anggaran tergantung kemampuan daerah dimana untuk Bolsel sendiri, tiap perda inisiatif dianggarkan Rp 150 juta, dan sejauh ini dari empat produk hukum inisitiaf dewan 2011 lalu, telah ditetapkan dua perda inisiatif dewan, yakni Perda transparansi dan Perda air bersih, sedangkan 2012 ini akan dtelorkan lagi dua perda inisiatif dewan,yakni Perda HUT dan Perda nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).(hendra.dj@bolsel.com)
    Comments
    1 Comments

    1 Responses to “Bone Bolango-Boltim Kepincut dengan Bolsel”

    Anonim mengatakan...
    29 April 2013 00.09

    In which it fateful voyage leaded to improvement often the Yankee blender, made within a parallel tablet applied in a in
    which the Finnish referred to as the Robot-Coupe.
    A person primarily remember to brush your new photos much the same way your needs pure some areas of designs, plus
    plenty of bedroom furniture, for that matter.

    Most of the four-slot toaster alternatively can hold a number of pieces connected with loaves of bread
    right away.

    Also visit my page: Zoraida Fetterhoff


    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com