30 Januari 2012

0

Sekda Terima Demo Mahasiswa Bolsel dari Gorontalo

  • 30 Januari 2012
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Drs Hi Gunawan M Lombu MM, menerima pendemo Mahasiswa Bolsel dari Gorontalo, Senin (30/1/2012) sekitar pukul 11.00 Wita di Aula Kantor Bupati Bolsel, Jalan Veteran Nomor 1 Desa Popodu. Jargon tututan pendemo ini terkait pendidikan, diantaranya persoalan pembangunan Asrama Mahasiswa, beasiswa mulai S1 dan S2, serta terkait dugaan ijasah instan.

    Sekda yang didampingi Asisten I Setda Bolsel Tahlis Galang SIP, Asisten II Hamka Podomi SPd, Kepala Dinas (Kadis) Pendikan Gunawan Otu SPd dan Kapolsek Urban Bolaang Uki Kompol Efendi Manopo, mengundang seluruh pendemo untuk berdialog. Dalam pembukaan dialog Sekda menyampaikan bahwa  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel, konsisten dengan konsep pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di Bolsel, terutama terkait pendidikan.

    “Bupati dan Wabup saat ini sedang melaksanakan tugas pemerintahan dan kemasyarakatan, sehingga tak ada di tempat jadi mohon permaklumannya. Yang pasti Pendidikan dan kesehatan itu merupakan kewajiban pemerintah baik kabupaten maupun pusat, jadi suda menjadi program nasional, terkait pembangunan asrama dan beasiswa ini sebagai daerah yang baru 3 tahun mekar, Pemkab Bolsel berusaha menyediakan fasilitas untuk membantu mahasiswa, namun dilakukan secara bertahap,” ujar Sekda sembari menambahkan bahwa selain mahasiswa Bolsel yang menimba ilmu di Provinsi Gorontalo, mahasiswa Bolsel di Kota Kotamobagu juga menuntut adanya asrama.

    Sementara Asisten I saat memediasi dialog dengan mahasiswa ini, menyampaikan bahwa pemerintah sangat menghargai aspirasi dari masyarakat termasuk mahasiswa, karena hal ini merupakan hal positif dalam rangka pembangunan Bolsel ke depan, sehingga masukannya diterima untuk ditindaklanjuti. "Masukan adik-adik mahasiswa akan kami sampaikan kepada Bupati untuk dibahas, jika ada kesalahan dalam proses secara institusi kami mohon maaf dan semua akan dievaluasi baik internal maupun eksternal," tegas Asisten I diaminkan Asisten II yang menambahkan bahwa masukan ini diapreisiasi tinggi dan berterima kasih, namun mahasiswa bersabar dan percayakan kepada pemerintah untuk menyelesaikannya.

    Tak hanya itu, pemerintah juga sangat memperhatikan pendidikan mulai dari tingkat dasar, pertama, menengah, perguruan tinggi bahkan pasca sarjana, karena masa depan Bolsel ada di tangan pemuda dan pelajar yang saat ini sedang menimbah ilmu. Soal tuntutan mahasiswa soal letak asrama yang jauh dari kampus, beasiswa yang pilih kasih, ijasah instan serta beasiswa untuk program pasca sarjana, dijawab secara komprehensip oleh Kadis Pendidikan Nasional (Diknas) Bolsel.

    Menurut Kadis Diknas, asrama suda berdasarkan kajian kelayakan dengan berkordinasi dengan Keluarga Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow Selatan (KPMIBMS), kemudian masukan mahasiwa dikombinasikan dengan analisa dan studi kelayakan tim yang menukangi asrama mahasiswa. Soal beasiswa kata Kadis Diknas sudah digelontorkan anggaran berkisar Rp 1 milyar lebih, sedangkan soal ijasah instan Pemkab Bolsel tak pernah mentolerir.

    Kadis Diknas juga menyampaikan terima kasih atas kritikan dan menyampaikan bahwa ini merupakan resiko jabatan, namun keterbatasan ini akan sama-sama dibenahi yang terpenting sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. Karena ada aturan yang mengikat semua program pembangunan dan pemerintahan, sehingga perlu kehati-hatian, sedangkan untuk konsultan pembangunan ada aturan yaitu Perpres 54, dimana dalam perencanaan dan pembangunannya harus ditenderkan.(hendra.dj@bolsel.com)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Sekda Terima Demo Mahasiswa Bolsel dari Gorontalo”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com