02 Februari 2012

0

Miliki Bumdes, 6 Desa Siap Bermitra dengan Investor

  • 02 Februari 2012
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • bumdes bolsel, molibagu, bolaang uki, badan usaha milik desa, Bolsel, Bolaang Mongondow Selatan, Pinolosian, posigadan, Humas Bolsel
    Asisten I I Setda Bolsel Tahlis Galang SIP berpidato di Apel Pagi.
    DARI 60 Desa di 5 (lima) Kecamatan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), sudah 6 Desa miliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), ungkap Asisten I Setda Bolsel, Tahlis Galang SIP, saat Apel Pagi, Kamis (2/2) di Kantor Bupati Jalan Veteran no 1 Molibagu. 

    Diketahui, Bumdes ini nantinya akan bermitra dengan investor yang masuk di Bolsel, dan pembentukannya merupakan gagasan serta program langsung Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu SIP-Wakil Bupati (Wabup) Drs Hi Samir Badu MPd, sejak dilantik medio Desember 2010 lalu. Konsep pasangan Bupati dan Wabup yang dikenal dengan sebutan Madu (Mayulu-Badu) ini, untuk memberdayakan masyarakat melalui desa membangun, dimana pembangunan dari bawah ke atas bukan sebaliknya.
     
    Lebih lanjut Asisten I meminta instansi tehnis yang menukangi pembentukan Bumdes ini, lebih giat lagi turun ke desa-desa untuk membantu pembentukan Bumdes, baik badan hukum juga termasuk legal konten berupa Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Desa (Perdes). Instansi teknis yang terkait dengan pembentukan Bumdes ini, yakni Dinas Perindustrian Perdagangan koperasi dan Usaha Menengah Kecil Mikro (Disperindag-UMKM) serta Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD).

    “Kami minta Disperindag dan UMKM serta BPMD selaku instansi teknis yang terkait dengan pembentukan Bumdes agar lebih proaktif ke desa, untuk membantu pembentukan Bumdes karena sejauh ini baru 6 desa yang memiliki Bumdes,” terang Asisten I. 6 desa yang saat ini memiliki Bumdes papar Asisten I, baru Desa Sondana, Desa Salongo, Desa Bakida, Desa Linawan I, Desa Matandoi dan Desa sehingga masih sekitar 54 Desa lagi yang belum membentuk Bumdes.

    Sebenarnya kata Asisten I, Bupati meminta agar pembentukan Bumdes ini harus sudah rampung 2011 lalu, sehingga 2012 harus segera dibentuk mengingat sudah beberapa investor mulai masuk di Bolsel, namun jika desa belum membentuk Bumdes maka akan ketinggalan. Asisten I kemudian mengutip bahwa Bupati pada acara Tulude beberapa waktu lalu sudah mengingatkan, agar Camat, Sangadi berkordinasi dengan instansi terkait segera membentuk Bumdes.

    Bupati juga menyampaikan, kata Asisten I, tahun ini belum ada pemberian ijin tambang, kecuali jika Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sudah terbentuk dan investor bekerja sama dengan Bumdes terkait pengurusan ijin juga pengelolaannya. Diketahui, Bupati juga meminta Sangadi dan Camat berkordinasi dengan instansi terkait dan Asisten I untuk kejelasan tapal batas, karena dari 600 hektar hutan produksi yang diminta alih fungsi jadi tambang, hampir 500 hektar lebih masuk di wilayah Bolsel.

    Sejauh ini Bupati menuturkan bahwa Ijin yang sudah ada baru penanaman pohon karet, karena pohon karet pertimbangannya bahwa pohon ini setelah 3 tahun ditanam karetnya bisa diambil atau dipanen. Jika habis, getah karet bisa dijadikan kayu. Sedangkan untuk kelapa sawit, Bupati mengatakan belum ingin mengganti kelapa dalam, sehingga akan dikembangkan kelapa dalam yang sangat potensial dan masih sedang diteliti karena produksi buahnya berlipat ganda.(hendra.dj@bolsel.com)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Miliki Bumdes, 6 Desa Siap Bermitra dengan Investor”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com