01 Februari 2012

1

Tulude 365-31=334 hari Pengharapan 2012

  • 01 Februari 2012
  • humas
  • Bagikan
  •  Print Page
  • Dari 6000 Katu-230 M, Tambang- Karet, Sawit dan Kopra
    tulude bolsel, tulude, pinolosian timur, molibagu, kabupaten religius, desa dumagin, pohon karet bolsel, sangihe talaud, bolaang uki, Bolsel, Bolaang Mongondow Selatan, Pinolosian, posigadan, Humas Bolsel
    TULUDE: penyerahan 25 akta kawin & penandatanganan 9 prasasti PNPM

    Laporan: Hendra DJ

    BAGI warga Sangihe dan Talaud, Tulude bukan sekedar prosesi adat dan budaya tahunan melainkan mengandung makna religius. 

    Demikian pula dengan warga Sangihe-Talaud di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), tepatnya di Desa Dumagin A Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim). Nilai-nilai religius dan juga Visi Kabupaten yang baru 3 tahun mekar ini, kemudian ditransedentkan dalam kearifan lokal yang sederhana, alami dan sangat orisinil. Sejak jauh-jauh hari warga Dumagin bahu membahu membangun tenda tradisional dengan bahan bambu dan atapnya daun rumbia atau masyarakat lokal menyebutnya 'katu'. Tenda tradisonal berukuran 35x15 meter dan panggung utama 5x8 meter menghabiskan 6000-an katu untuk atapnya.

    Tenda tradisional ini dikerjakan sejak Rabu (25/1/2012) hingga Selasa (31/1/2012) dimana tiap Kepala Keluarga (KK) menyediakan 20 katu dikalikan 300 KK warga Dumagin A. Kendati nyaris roboh akibat terpaan angin kencang  Minggu (29/1/2012) lalu, tenda yang sempat miring kembali ditegakkan warga. Menu yang disajikan pun beragam, mulai dari makanan lokal non beras seperti jagung, umbi-umbian hingga makanan pokok yang semua dikerjakan bersama di dapur, sementara masyarakat yang hadir dalam prosesi adat Tulude membawa makanan masing-masing.

    Puncak acara Tulude pada Selasa (31/1/2012) sekitar pukul 18.30 Wita, dimulai dengan Laporan Camat Pintim, Supardi Burhan AMPd, terkait pelaksanaan kegiatan dan kondisi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Camat melaporkan dalam Tulude kali ini juga dirangkaikan dengan penyerahan secara simbolis akta kawin masal kepada beberapa pasang pengantin, kemudian dilanjutkan penandatanganan prasasti PNPM Mandiri.

    Proyek PNPM Mandiri di Kecamatan Pintim yang pengerjaannya telah 100 persen, yakni pembangunan Polindes berbandrol Rp 542.963.500 di Desa Modisi, pembangunan drainase 3 kilometer Desa Onggunoi dengan anggaran Rp349.490.720, drainase dengan pagu Rp216.711.390 di Desa Matandoi, pembangunan jalan Pasir Batu (Sirtu) 500 meter senilai Rp242.720.400 Desa Posilagon, pembangunan drainase berbandrol Rp344.397.500 di Desa Pidung, Desa Dumagin B  pembangunan Jalan Sirtu, dan drainase di Desa Iligon  dengan anggaran Rp226.660.050.

    Camat Pintim juga mengulas prosesi Tulude adalah adat suku Sangihe-Talaud di Dumagin A, bermakna untuk introspeksi diri atas perbuatan tahun sebelumnya, juga prosesi adat tolak bala sehingga ada rangkaian ibadah agar bencana yang terjadi tahun sebelumnya tak terulang lagi. Camat juga menyampaikan permintaan warga agar  Pemerintah Kabupaten Bolsel mengagendakan Tulude ini sebagai kegiatan tahunan dan berskala tingkat kabupaten.

    Sekitar pukul 19.30 Wita, Ibadah Tulude dipimpin Penatua Yohanes Keni, Diakon Siska Keni, dan penghotbah pesan Tulude, Wakil Sekretaris GMIBM Pendeta Wenok Pelealu STh yang merinci arti tulude dari segi etimologi bahwa, Tulude berasal dari kata Suhude yang berarti tolak dan sudah mendunia. Dengan menyampaikan Firman Tuhan dan puji-pujian, Pendeta juga mengajak warga Dumagin untuk bekerja dan berdoa atau ora et labora, turut menjaga dan melestarikan lingkungan agar terhindar dari bencana seperti banjir, tanah longsor dan lain-lain.

    Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu SIP dalam sambutan pemerintah menyampaikan bahwa telah terbentuk Dewan Adat diketuai Saleh Gobel SE, dengan beranggotakan seluru perwakilan etnik dan kelak akan menelorkan hukum adat dan sanksi adat. “Ini merupakan bentuk perhatian penghargaan pemerintah terhadap semua suku dan etnik di Bolsel, jadi tak ada istilah pilih kasih. Jaga terus toleransi dan warna yang ada saat ini dan jangan pernah ditukar dengan lainnya,” tegas Bupati di hadapan Ketua DPRD Bolsel Abdul Rajak Bunsal SE, Sekda Bolsel Drs Hi Gunawan M Lombu MM, Asisten I Tahlis Galang SIP, Asisten II Hamka Podomi SPd dan Asisten III Drs Ali Paputungan, serta sejumlah pimpinan SKPD dan masyarakat.

    Untuk Tulude sendiri Bupati mengaku sangat antusias karena punya sejarah tersendiri, sejak ikut Pemilu 2004 dan 2009 hingga Pilbup 2010, punya kesan mendalam karena dengan Tulude Bupati mengaku menjadi dekat dan dicintai rakyat. Dalam konteks ini, Bupati menyampaikan bahwa Tuhan memberi manusia akal dan nafsu, sehingga pernyataan pendeta pada ibadah tadi, selama 365 hari kita berjuang dengan kehidupan dan berbagai pilihan. Dan 31 hari Januari ini kita diberi kesempatan untuk merenung untuk memikirkan 334 hari di tahun 2012 kita mau jadi apa.

    Jadilah orang baik-baik papar Bupati agar kita sejahtera dunia dan akhirat, Bolsel religius bukan bertujuan mengislamkan Bolsel, melainkan menuntun rakyatnya agar menjalankan ajaran sesuai syariatnya agama yang dianut. Terkait dengan Pesan Natal Bupati menyampaikan yang dimaksud terang natal adalah terang hati yang  jika kita bawa ke rumah dan laksanakan maka akan menjadi sejahtera.

    Dalam Kalender Cina kata Bupati, tahun  ini disebut tahun Naga Air dimana banyak tantangan dan peluang, seperti dalam ibadah yang disampaikan pendeta, jika kita hanya berpangku tangan maka tak akan menorehkan hasil atau merugi, tapi jika sebaliknya maka kita akan termasuk orang yang beruntung. Bupati mengutip Korintus ayat 6; “Barang siapa menabur sedikit maka akan menuai sedikit, barang siapa menabur banyak maka akan memperoleh banyak,”.

    Terkait pemerintahan Bupati menyampaikan bahwa Peraturan Daerah (Perda) Minuman Keras (Miras) akan diketuk, sehingga camat dan sangadi diminta tegas menindak pendistribusi/pemasok pada pedagang, penjual dan yang meminumnya. Apalagi jika telah membuat kegaduhan dan keonaran maka akan dibarengi dengan hukum adat, berupa mengantar pelaku untuk pindah ke tempat lain yang mau menerimanya. Bupati kemudian menjelaskan bahwa kebijakan pemerintah ini sejalan dengan Firman Tuhan dalam Alkitab; Mazmur ayat 16.

    Untuk itu Bupati meminta masyarakat Bolsel agar jangan pernah patah semangat, yakinlah bahwa  Tuhan akan menolong. Tuhan selalu adil memberi masalah agar kita berfikir dan memecahkan masalah tersebut, bersikaplah pemaaf dan selalu merangkul baik kepada kawan dan lawan, karena bersama Tuhan semua kesulitan dapat diatasi dan dihadapi, berserahlah diri dan percaya Tuhan membantu memberikan kemudahan dalam mengarungi tantangan dan peluang di tahun 2012.

    Bupati berpesan buang semua kesialan di tahun 2011 dan menjadikan peluang tahun 2012, jangan pernah bosan untuk saling mengingatkan dan saling memberi masukan satu sama lain, dan  beragama kita juga harus waspadai adanya aliran sesat. Saat ini lanjut Bupati, sudah ada Pospol Dumagin untuk persiapan pembentukan Polsek Pintim, ada juga Polsek Urban dan Penghubung Kodim 1303 Bolmong untuk persiapan pembentukan Polres dan Kodim di Bolsel.

    Untuk anggaran pembangunan di tahun 2011 kata Bupati, APBD Bolsel berkisar Rp 150 milyar, tahun ini (2012) telah naik menjadi Rp 230 milyar, dimana anggaran tersebut dialokasikan untuk sungai dan pantai sebesar Rp 58 milyar, sedangkan untuk Jalan dan Jembatan sebesar Rp 178 milyar. Tahun ini juga, akan dibuka Jalan Adow-Matali Baru dengan anggaran Rp 3 milyar, akan menyusul pembangunan jalan Matandoi-Bakan.

    Bupati mengingatkan, dimana tahun ini belum ada pemberian ijin tambang, kecuali jika Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sudah terbentuk dan investor bekerja sama dengan Bumdes terkait pengurusan ijin juga pengelolaannya. “Jadi para sangadi (kepala desa) saya minta segera bentuk Bumdes. Terkait tambang ini, saya minta Sangadi dan Camat berkordinasi dengan Asisten 1 untuk kejelasan tapal batas,” ujar Bupati sembari menambahkan dari 600 hektar hutan produksi yang diminta alih fungsi jadi tambang, hampir 500 hektar lebih masuk di wilayah Bolsel.

    Ijin yang sudah ada baru penanaman pohon karet beber Bupati, karena pohon karet setelah 3 tahun ditanam karetnya bisa diambil, jika habis getah karet bisa dijadikan kayu, sedangkan untuk kelapa sawit Bupati mengatakan belum ingin mengganti kelapa dalam, sehingga akan di kembangkan kelapa dalam yang saat ini sangat potensial dan masih sedang diteliti karena produksi buahnya berlipat ganda. Di penghujung sambutannya Bupati memberikan bantuan Rp 10 juta untuk Panitia Tulude.(*)
    Comments
    1 Comments

    1 Responses to “Tulude 365-31=334 hari Pengharapan 2012”

    Ibu Yuli mengatakan...
    24 Februari 2015 22.25

    =RAHASIA MENHASILKAN UANG BERLIMPAH=========
    =======RATUSAN RIBUH HINGGA JUTAAN RUPIAH======

    >>>>>DILIRIK PESUGIHAN JALAN MENUJU KEKAYAAN<<<<<



    Jika Anda sudah capek dan lelah dengan status
    P7 – PERGI PAGI PULANG PETANG PENGHASILAN PAS-PASAN
    dan Anda tidak tahu harus bagaimana untuk meningkatkan
    kondisi finansial Anda… maka saya minta Anda dengarkan saya.


    Mungkin Anda adalah orang
    yang memiliki masalah :

    1.Stres
    2.Butuh Uang
    3 Butuh angka togel hasil ritual 100% tembus
    4.ingin buka usaha sendiri
    5 Memiliki Banyak Hutang
    6.Penghasilan Tidak Cukup
    7.selalu gagal setiap ada pekerjaan
    Semua masalah bisa di atasi
    Maka Anda sudah tepat sekali.
    berada di sini
    Anda PENASARAN Dan
    Ingin Tahu Rahasianya?
    LANGSUN AJA HBG BELIAU JANGAN DI RAGUKAN
    AKII CANDRA DI Nmr (082-361-234-469)
    Saya sangat berterimakasih banyak kepada
    AKII CANDRA yg sudah membantu saya sekeluarga,karna sekaran ini saya sudah punya usaha dan bisa melunasi semua hutang2 saya bakhan saya juga sudah bisa membahagiakan kedua orang tua saya bersama istri saya. itu semua atas bantuan AKII yang memberikan sulusi jalang menuju pesugihan mendapatkan uang , sudah banyak paranormal yg saya hubungi tapi tdk pernah membuahkan hasil, sehingga saya mencoba mengikuti ritual pesugihan AKII CANDRA dan alhamdulillah berhasil dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HBG BELIAU...!
    DI no:082-361-234-469 AKII CANDRA jangan percaya sama nomor ritual paranormal yg lain,nomor ritual AKII CANDRA meman selalu tepat dan terbukti. atau SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI....!!!


    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com