06 April 2012

0

Bolsel Sepakat Kendalikan Penyakit Menular

  • 06 April 2012
  • Adnan Perambahan
  • Bagikan
  •  Print Page
  • gunawan lombu, molibagu, bolaang uki, Bolsel, Bolaang Mongondow Selatan, Pinolosian, posigadan, Humas Bolsel
    Sekda Drs Gunawan M Lombu, MM mewakili Bupati Bolsel saat menandatangani piagam Komitmen Pengendalian Penyakit Menular disaksikan oleh Gubernur Sulut, Sekjen Kemenkes RI dan sejumlah bupati/walikota se-Sulut (4/4/2012).

    PENYAKIT menular seperti malaria, TBC, hepatitis, prostat hipertrofi dan rabies merupakan penyakit yang jamak dijumpai di masyarakat. Selain menular, penyakit- penyakit-tersebut juga membutuhkan biaya penyembuhan yang tinggi. Untuk itu setiap kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dituntut lebih memantapkan kebijakan dan program kerja di bidang kesehatan. Demikian bahasan utama dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah se-Sulawesi Utara Tahun 2012 yang digelar di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Rabu (4/4/12) lalu.

    Dalam Rakerda Kesehatan ini, Gubernur SH Sarundajang meminta setiap kepala daerah di Sulut menganggarkan pengadaan pusat pengendalaian penyakit seperti laboratorium melalui APBD. “Selama ini di setiap kabupaten/kota hanya tersedia satu unit laboratorium saja. Ini tentu sangat tidak representatif untuk mengendalikan penyebaran penyakit menular,” beber Sarundajang. “Untuk itu saya imbau bupati/walikota se-Sulut menganggarkan pengadaan laboratorium kesehatan guna mengendalikan penyebaran penyakit menular.” pinta Sarundajang.

    Sementara itu dalam kesempatan ini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Drs Gunawan M Lombu, MM beserta para bupati/walikota se-Sulut juga telah menandatangani Komitmen Bersama dalam Pengendalian Penyakit Malaria, TBC, Hepatitis, Prostat Hipertrofi dan Rabies. Rakerda Kesehatan Provinsi Sulut tahun 2012 dihadiri oleh Sekjen Kementerian Kesehatan RI, Dirut PT Askes, Bupati/Walikota se-Sulut, Kadis Kesehatan dan Dirut RSUD se-Sulut, serta para stakeholder lain di bidang kesehatan.(adnan)
    Comments
    0 Comments

    0 Responses to “Bolsel Sepakat Kendalikan Penyakit Menular”

    Posting Komentar

    Disclaimer: Ini bukan situs resmi Pemkab Bolsel namun merupakan alternatif bagi yang ingin mengetahui tentang segala informasi Kab. Bolsel karena pengelola adalah Bagian Humas Setda Bolsel. Kirim saran & kritik anda ke: admin@bolsel.com